Fajar, Muhammad (2018) Hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan personal sosial pada anak prasekolah di Tk 44 Aisiyah Muhammadiyah Bekasi 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.
Text
KEPERAWATAN - MUHAMMAD FAJAR - 2018 repo.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perilaku sosial (pesonal sosial) merupakan salah satu kategori perkembangan anak prasekolah yang berhubungan dengan kemampuan mandiri seperti memakai baju sendiri, pergi ke toilet sendiri, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkugan. Keterlambatan perkembangan tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama dari faktor orang tua yaitu pola pengasuhan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan personal sosial pada anak prasekolah di TK 44 Aisiyah Muhammadiyah Bekasi. Penelitian ini menggunakan deskriptif desain korelasi dengan pendekatan Crros sectional. Populasi yang diteliti adalah 53 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti 53 responden. Uji statistik yang digunakan adalah Spearman’s Rho. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji statistik Spearman’s Rho mendapatkan nilai (P value = 0.002 ɑ < 0.05) maka dikatakan ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan personal sosial anak Prasekolah di TK 44 Aisiyah Muhammadiyah Bekasi dan nilai r = 0.413. Dengan adanya penelitian ini diharapkan perawat mampu memberikan intervensi penyuluhan tentang tumbuh kembang anak khususnya kemampuan personal sosial meliputi kemampuan mandiri, dan berinteraksi dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Intan Parulian S.Kep. MN. |
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Personal Sosial, Pra Sekolah. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 11:51 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 11:51 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/330 |
Actions (login required)
View Item |