HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KONSEP DIRI SEBAGAI CALON PERAWAT PROFESSIONAL DI UNIVERSITAS BINAWAN

Ariandini, Chintia Rizky (2022) HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN KONSEP DIRI SEBAGAI CALON PERAWAT PROFESSIONAL DI UNIVERSITAS BINAWAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2022-Chintia Rizky Ariandini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Pada awal tahun 2020, COVID-19 menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia atau global, yang kemudian ditetapkan sebagai pandemic oleh Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO). Dan diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh atau online (daring). Dalam PJJ Partisipasi mahasiswa memiliki peran penting untuk keberhasilan belajar pada mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang merasa khawatir karena tidak terlaksana praktikum akibat COVID-19, karena ini merupakan hal baru, jadi mahasiswa harus beradaptasi dan menyakinkan dirinya /konsep diri pada mahasiswa tersebut. Karena Konsep diri yang akan menentukan bagaimana individu itu di masa mendatang dan sangat penting bagi mahasiswa mempunyai konsep diri yang positif seabagai seorang perawat professional. Tujuan: untuk mengetahui Hubungan Partisipasi Mahasiswa Keperawatan dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan Konsep Diri Sebagai Perawat Professional di Universtas Binawan. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain cross-sectional dengan Teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 129 responden. Hasil: hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi mahasiswa kategori aktif dengan konsep diri positif sebesar (98,9%) dan yang memiliki konsep diri negative (1,1%). Dan untuk responden sebesar (27,1%) memiliki pasrtisipasi kurang aktif dan konsep diri negative. Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan antara Partisipasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh dengan Konsep Diri sebagai calon perawat professional di Universitas Binawan dengan nilai p-value sebesar (<0,001) taraf signifikan (<0,005).Saran : Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi peneliti selanjutnya dalam pengembangan Ilmu keperawatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Mahasiswa, PJJ, Konsep Diri, Perawat, Professional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 24 Jan 2023 05:54
Last Modified: 24 Jan 2023 05:54
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item