Hosang, Elsa Gloria (2022) ANALISA HUBUNGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19 TERHADAP KEPATUHAN DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI DESA MAPANGET JAGA XIV KABUPATEN MINAHASA UTARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.
Text
KEPERAWATAN-2022-Elsa Gloria Hosang.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini merupakan infeksi yang menyebabkan sindrom pernafaran akut yang dapat mematikan. Pengetahuan yang baik tentang COVID-19 akan meningkatkan tingkat kewaspadaan dan pemahaman dalam mencegah penularan penyakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengetahuan masyarakat tentang COVID-19 terhadap kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan desain cross sectional. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Responden penelitian merupakan masyarakat di Desa Mapanget yang berusia 18-45 tahun sebanyak 122 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik tentang COVID-19 yaitu sekitar 74.6% tetapi sebagian besar responden tidak memiliki kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan sebanyak 51.6%. Berdasarkan uji hubungan dengan menggunakan uji Chi-Square, didapatkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang COVID-19 terhadap kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan (p-value=0.097). Oleh karena itu diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terkait faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan, Kepatuhan Penerapan Protokol Kesehatan, COVID-19 |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:53 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:53 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2781 |
Actions (login required)
View Item |