HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN STRES BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU HAMIL, DI KECEMATAN LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR

Trinatono, Wisnu (2020) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN STRES BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU HAMIL, DI KECEMATAN LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
FISIOTERAPI-2020-Wisnu Triantoro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola tidur dengan stres berdasarkan tingkat pendidikan di desa Leuwiliang kabupaten Bogor. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Analisis Lanjut. Jumlah seluruh sampel yang digunakan adalah 100 ibu hamil yang diambil dari Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Pemeriksaan pola tidur menggunakan prosedur pengukuran kelahiran Pittsburgh sleep quality index pada ibu hamil kuesioner Blok A pada kode A pola hidup untuk pemeriksaan tingkat stres di ambil dengan menggunakan kuesioner pengukuran perceived stres scale (PSS),Sedangkan pemeriksaan tingkat pendidikan ibu menggunakan A12a pada kuesionar identitas ibu hamil Hasil : Ditemukan banyaknya frekuensi ibu hamil dengan pola tidur buruk sebanyak 100% dan ibu hamil dengan tingkat stres sedang dengan jumlah 80%. Sedangkan hubungan antara pola tidur ibu hamil dengan stres berjumlah 90% dari sampel yang tersedia. Hubungan antara pola tidur dengan stres berdasarkan pendidikan ibu berkolelasi lemah dengan r : 0,15, dan secara statistik bermakna p=0,04 Kesimpulan :Diperoleh data ibu hamil yang mengalami gangguan kualitas tidur pada seluruh responden ibu hamil. Hasil data menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pola tidur dengan stres berdasarkan pendidikan terendah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: :kualitas tidur, Stres, Tingkat Pendidikan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:13
Last Modified: 16 Jan 2023 07:13
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2517

Actions (login required)

View Item View Item