Izzataky, Arina (2020) HUBUNGAN ANTARA KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DENGAN DEPRESI IBU HAMIL DI KECAMATAN LEUWILIYANG, BOGOR, TAHUN 2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.
Text
FISIOTERAPI-2020-ARINA IZZATAKY.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kunjungan antenatal care (ANC) dengan depresi pada ibu hamil di desa Leuwiliang Kabupaten Bogor tahun 2019. Metode : Penelitian ini merupakan analisis lanjut dari penelitian induk tentang “Gambaran Kondisi Kesehatan Ibu Hamil dan Tumbuh Kembang Anak Usia 0 – 60 Bulan Pada Desa Dengan Populasi Terbesar dan Terkecil di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun 2019”. Jumlah seluruh sampel yang digunakan adalah 100 ibu hamil yang diambil dari Kecamatan Leuwiliang, Bogor. Pemeriksaan kunjungan antenatal care menggunakan pertanyaan B2 pada kuesioner riwayat kehamilan dan persalinan terakhir sedangkan untuk pemeriksaan tingkat depresi diambil dengan menggunakan kuesioner parameter Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Hasil : Ditemukan persentase frekuensi ibu hamil dengan kunjungan antenatal care yang lengkap sebanyak 80% (80 orang), dan ibu hamil yang mengalami depresi sebesar 99% (99 orang). Sedangkan ibu hamil dengan kunjungan antenatal care tidak lengkap dan yang mengalami depresi sebesar 79% dari sampel yang tersedia. Korelasi antara kunjungan antenatal care dengan tingkat depresi mempunyai hasil r = 0,08 dan nilai p= 0,13. Kesimpulan : Pada ibu hamil Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor ini, bahwa kunjungan antenatal care dengan depresi mempunyai korelasi yang sangat rendah dan secara statistik tidak bermakna.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ibu Hamil, Kunjungan Antenatal Care, Depresi |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 06:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 06:35 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2458 |
Actions (login required)
View Item |