HUBUNGAN PERSEPSI PELAYANAN GIZI , KUALITAS MAKANAN DAN KONSELING GIZI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIET BIASA DI RSUD BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

ALIYAH, FATKUL (2021) HUBUNGAN PERSEPSI PELAYANAN GIZI , KUALITAS MAKANAN DAN KONSELING GIZI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DIET BIASA DI RSUD BALARAJA KABUPATEN TANGERANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
GIZI-2021-FATKUL ALIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan gizi sebagai bagian dari pelayanan rumah sakit mempunyai peranan sangat penting yang berpengaruh terhadap kepercayaan pasien. Mutu pelayanan gizi merupakan salah satu indikator pelayanan mutu rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pelayanan gizi ,kualitas makanan dan konseling gizi terhadap kepuasan pasien diet biasa di RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 122 subyek. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Purposive Sampling, yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen berupa kuesioner yang berisi pertanyaan tentang data identitas responden, persepsi pelayanan gizi , kualitas makanan yang disajikan, konseling gizi dan kepuasan pasien yang telah pasien dapatkan selama perawatan. Kuesioner diberikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban dalam bentuk skala likert. Uji Statistik menggunakan Chi Square hubungan antara persepsi pelayanan gizi, makanan dan konseling gizi dengan kepuasan pasien dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil uji statistik hubungan persepsi pelayanan petugas (kehandalan) dengan kepuasan diperoleh nilai p = 0,001 yang berarti ada hubungan. Hubungan persepsi pelayanan petugas (ketanggapan) dengan kepuasan diperoleh nilai p = 0,041 yang berarti ada hubungan. Hubungan antara persepsi pelayanan petugas (jaminan) dengan kepuasan memperoleh nilai p = 0,001 yang berarti ada hubungan. Uji statistik yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kualitas makanan dengan kepuasan memperoleh nilai p = 0,004 yang berarti ada hubungan. Hasil uji statistik dengan uji chi square yang dilakukan untuk memgetahuai hubungan antara pelaksanaan konsultasi gizi dengan kepuasan memperoleh nilai p = 0,007 yang berarti ada hubungan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: konseling gizi, kualitas makanan, pelayanan gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:12
Last Modified: 10 Jan 2023 06:12
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item