HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL ASESSMENT (OSCA) TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN SAAT PELAKSANAAN UJIAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL ASESSMENT (OSCA) DI UNIVERSITAS BINAWAN.

Tiovany, Jelsy (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL ASESSMENT (OSCA) TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN SAAT PELAKSANAAN UJIAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL ASESSMENT (OSCA) DI UNIVERSITAS BINAWAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2021-JELSY TIOVANY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan S1 Keperawatan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan, keterampilan dibidang keperawatan serta menampilkan sikap yang professional, mulai terbentuk ketika mahasiswa keperawatan menjalani tahap akademik dan tahap ujian OSCA untuk sampai ditahap praktek klinik keperawatan rumah sakit atau komunitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Objective Structured Clinical Asessment (OSCA) Terhadap Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Mahasiswa Keperawatan Saat Pelaksanaan Ujian Objective Structured Clinical Asessment (OSCA) di Universitas Binawan, Penelitian ini merupakan pendekatan studi cros-sectional. Peneliti menggunakan 58 responden sebagai sample. Berdasarkan dari Analisa univariat didapatkan hasil penelitian bahwa tingkat pengetahuan cukup dengan presentasi mencapai (65.5%) dan tingkat kecemasan mahasiswa sedang dengan presentase mencapai (48.3%). Hasil Bivariat menggunakan uji Analisa spearman memperoleh hasil Tingkat keeratan yang lemah dengan di peroleh p-value 0.008<0.05 r = 0.347. Saran agar mahasiswa mengetahui tingkat pengetahuannya tentang osca untuk mengevaluasi diri agar dapat mengatasi tingkat kecemasan ketika menghadapi ujian osca.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kecemasan, Objective Structured Clinical Asessment
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:18
Last Modified: 10 Jan 2023 04:18
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item