Akses Pelayanan Kesehatan Dikaitkan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Di Rs Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2022

Karim, Ulfah Nuraini and Dewi, Aliana and Hijriyati, Yoanita (2022) Akses Pelayanan Kesehatan Dikaitkan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pasien Hipertensi Di Rs Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2022. Documentation. Universitas Binawan, Jakarta. (Submitted)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN SMT GENAP-2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hipertensi adalah kondisi yang kompleks dimana tekanan darah secara menetap berada di atas normal, sering disebut sebagai silent killer, dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi. Profil kesehatan Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 menyebutkan kasus tertinggi penyakit tidak menular (PTM) adalah kelompok penyakit jantung dan pembuluh darah. Kepatuhan pengobatan pasien hipertensi merupakan hal penting karena hipertensi tetap harus selalu dikontrol, salah satu penyebab ketidakpatuhan adalah akses pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian Akses pelayanan kesehatan dikaitkan dengan kepatuhan pengobatan pasien hipertensi di RS Pasar Rebo Jakarta Timur. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cros sectional menggunakan analisa Chi Square, dengan sampel 84 orang. Hasil uji chi square diperoleh nilai p value = 0,004 (p>0,05) yang berarti bahwa ada hubungan antara keterjangkauan akses ke pelayanan kesehatan dengan kepatuhan dalam menjalani pengobatan hipertensi di Rumah sakit Pasar Rebo Jakarta Timur. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan melakukan pendataan ulang bagi pasien hipertensi pemegang BPJS agar bisa ikut program PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang dilakukan setiap bulannya.

Item Type: Monograph (Documentation)
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:10
Last Modified: 29 Jul 2022 03:10
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item