Telehealth Sebagai Determinan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Klien pada Masa Pendemi Covid-19

Petralina, Bintang and Larasati, Eggy Widya and Lubis, Erika (2021) Telehealth Sebagai Determinan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Klien pada Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai, 14 (1). pp. 69-76. ISSN 2657-1390

[img] Text
Jurnal Eggy 1.pdf

Download (354kB)

Abstract

Pendahuluan: Tenaga kesehatan terpapar penularan kejadian covid-19 di berbagai negara, disebabkan karena belum efektif pencegahan di tingkat fasilitas pelayanan kesehatan. Masih banyaknya klien yang datang untuk mendapatkan layanan kebidanan tanpa memanfaatkan telehealth menjadi salah satu faktor risiko penularan terhadap tenaga kesehatan maupun klien. Penyelenggaraan pelayanan telemedicine upaya pencegahan covid-19, termasuk pelayanan kebidanan perlu dievaluasi. Tujuan: Studi ini untuk menganalisis efek telehealth terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku klien. Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan studi cross sectional. Sampel penelitian adalah klien yang berkunjung di pelayanan kebidanan yang telah memanfaatkan teleregistrasi dan telekonsultasi berjumlah 300 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara bertahap mulai analisis univariat, bivariat dan multivariat menggunakan uji regresi logistik ganda. Hasil: Hasil studi menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap dan perilaku dengan pemanfaatan telehealth. Analisis regresi logistik ganda menunjukkan bahwa perilaku klien yang datang ke pelayanan kebidanan paling berpengaruh terhadap pemanfaatan telehealth (ORadjusted = 25,19). Simpulan: Telehealth mampu memberikan efek peningkatan pengetahuan dan sikap serta perilaku positif. Perilaku menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap pemanfatan teleheatlh oleh Klien di pelayanan kebidanan. Akses informasi pemanfataan layanan telehealth perlu ditingkatkan melalui edukasi diberbagai sarana pelayanan kebidanan khususnya kepada masyarakat pada masa pandemi covid-19, sehingga penularan yang bersumber di pelayanan kesehatan mampu diminimalkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Telehealth
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:40
Last Modified: 15 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item