Pengaruh Senam Disminore Dalam Mengurangi Nyeri Haid pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Kartika Mitra Husada Jakarta Timur

Petralina, Bintang (2018) Pengaruh Senam Disminore Dalam Mengurangi Nyeri Haid pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Kartika Mitra Husada Jakarta Timur. In: The International Midwifery Scientific Conference 2018, 3 - 5 Mei 2018, Jakarta.

[img] Text
Buku Prosiding PIT 2018 Final Full july.pdf

Download (32MB)

Abstract

Dismenorea adalah haid yang nyeri atau sulit. Yang ditandai oleh nyeri mirip kram yang terasa pada abdomen bagian bawah dan kadang-kadang diikuti oleh sakit kepala, keadaan mudah tersinggung, depresi mental, keadaan tidak enak badan serta perasaan lelah (Tiran, 2009). Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dalam satu kelompok (one group pre test – post test design) dan sampel yang digunakan adalah mahasiswi yang mengalami disminore sebanyak 32 orang yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data menggunakan skala nyeri berdasarkan Universal Pain Assessment Tool dan pengolahan dilakukan secara manual. Dari hasil pengukuran skala nyeri haid responden sebelum dan sesudah melakukan senam dismenore menunjukkan, setelah dilakukan senam dismenore sebagian besar responden yang mengalami nyeri haid ringan yaitu sebanyak 23 orang (71,87%), sedangkan responden yang mengalami nyeri skala sedang sebanyak 9 orang (28.12%) dan responden yang mengalami nyeri berat 0. Berdasarkan hasil uji statistik wilcoxon menunjukkan hasil (Z= -4,612, p= < 0,000 yang berarti p < 0,05 dan dengan demikian dapat diartikan bahwa H0 ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh senam dismenore terhadap nyeri haid. Diharapkan institusi dapat melakukan senam disminore dan memasukkan materi senam disminore pada mata kuliah kespro.

Item Type: Conference or Workshop Item (Poster)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswi, Nyeri Haid, Senam Disminore
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:20
Last Modified: 09 Sep 2020 01:20
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item