Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Gangguan Jiwa Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta

Sasmito, Tri Dono Aji (2017) Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Gangguan Jiwa Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
Keperawatan-2017-Tridono Aji Sasmito repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Keluarga merupakan sumber pengobatan yang paling berperan bagi anggota keluarganya yang sakit. Tingkat pengetahuan keluarga mengenaikesehatan jiwasangat menentukan dalam memberikan iklim yang kondusifbagi anggota keluarganya. Keluarga dapat menjadi sumber masalah dan dapat pula meningkatkan dan mempertahankankesehatan mental anggota keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang gangguan jiwa terhadap tingkat kecemasan keluarga di ruang rawat inap Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta.Penelitian yang dilakukan saat ini adalah penelitian analitik korelatif dengan desain cross sectional, dengan sampel sebanyak 41 responden yang dipilih secara simple random sampling. Analisis bivariat dengan menggunakan uji Spearman Rho di dapatkan hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan antara tingkat pengetahuan keluarga tentang gangguan jiwa terhadap tingkat kecemasan keluarga di ruang rawat inap Rumah Sakit Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta dengan nilai P-value=0,046 (P < 0,05) dan nilai r = 0,313. Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut diharapkan petugas kesehatan untuk dapat meningkatkan program psikoedukasi agar pengetahuan keluarga mengenai gangguan jiwa dapat lebih meningkat, sehingga akan menurunkan tingkat kecemasan keluarga dalam merawat anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Djuariah Chanafie, SKp, M. Kep.
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Kecemasan, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 14 May 2020 08:55
Last Modified: 14 May 2020 08:55
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item