Gambaran Penerapan Food Safety Berdasarkan HACCP Plan dan Standar Kelayakan Dasar di Central Kitchen PT Pangansari Utama 2017

Kembaren, Ruben Sembiring (2017) Gambaran Penerapan Food Safety Berdasarkan HACCP Plan dan Standar Kelayakan Dasar di Central Kitchen PT Pangansari Utama 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
K3-2017-Ruben Sembiring Kembaren repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang: Industri yang bergerak dalam pengolahan dan penyajian makanan siap santap yang disebut industri jasa boga atau katering telah berkembang dengan pesat. Ketika memproduksi makanan ini, terdapat bahaya-bahaya, baik bahaya terhadap pekerjanya, dan juga yang paling penting adalah bahaya kontaminasi makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk diketahuinya gambaran penerapan food safety berdasarkan HACCP Plan dan standar kelayakan dasar di Central Kitchen PT Pangansari Utama, Ciracas. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, bersifat deskriptif dengan melakukan pendekatan komparatif. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen penelitian yaitu ceklis audit di semua bagian/ section yang mewakili. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tahapan proses pengolahan makanan, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kesesuaian penerapan food safety berdasarkan HACCP Plan dan standar kelayakan dasar. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara menggunakan ceklis audit. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi akan dianalisa dan selanjutnya dideskripsikan berdasarkan elemen HACCP Plan dan standar kelayakan dasar yang telah diimplementasikan di Central Kitchen. Hasil:Diketahui bahwa dari 11 elemen HACCP Plan dan standar kelayakan dasar yang sudah ditetapkan pada ceklis audit, ada 5 elemen yang implementasi food safetynya sudah 100% sesuai dengan HACCP Plan dan standar kelayakan dasar, untuk elemen-elemen yang lain yang tidak mencapai 100%, adalah: Elemen 1 = 87.5%, Elemen 2 = 60%,Elemen 4 = 82%, Elemen 6 = 62.5%, Elemen 11 = 60%. Simpulan: Secara keseluruhan penerapan food safety berdasarkan HACCP Plan dan program kelayakan dasar pada pengolahan makanan di Central Kitchen PT PSU dikategorikan Baik, namun teknis pelaksanaan di lapangan masih membutuhkan supervisi dan tindakan perbaikan yang lebih ketat dan intens terhadap ketidaksesuaian yang ditemukan saat penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Meylina Djafar, MCN MBA
Uncontrolled Keywords: Keamanan makanan, HACCP Plan, Standar kelayakan dasar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 14 May 2020 08:01
Last Modified: 14 May 2020 08:01
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item