Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lembar Balik dan Food Model Pada Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pola Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Pada Anak Usia 6-24 Bulan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit

Safitri, Indri (2017) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lembar Balik dan Food Model Pada Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pola Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Pada Anak Usia 6-24 Bulan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
GIZI - 2017 - INDRI SAFITRI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)

Abstract

Latar Belakang : Media penyuluhan gizi dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pola pemberian MPASI salah satu contoh media tersebut adalah Lembar Balik dan Food Model. Tujuan : Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Penggunaan Alat Peraga Lembar Balik dan Food Model Pada Penyuluhan Gizi Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Pola Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Pada Anak Usia 6-24 Bulan di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Metode : Penenlitian ini menggunakan quasi experiment dengan bentuk desain pre test dan post test. variabel independen media penyuluhan lembar balik dan Food Model. Populasi adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi berusia 6-24 bulan yang terdapat di wilayah kerja puskesmas Kecamatan Duren Sawit. Sampel sejumlah 70 responden yang dipilih dengan cara pengambilan sampling jenuh dengan teknik consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diambil dan dikumpul secara langsung dari responden. Analisis data menggunakan komputer dan di kelola dengan menggunakan SPSS 16 untuk analisis non parametrik dengan menggunakan T-Test Hasil : penelitian menunjukan bahwa terdapat berdampak signifikan yaitu pre test 51,11 menjadi 78 post test dengan media Lembar Balik, pre test 47,71 menjadi 76,29 post test dengan media Food Model. Hasil uji pair-t-test diperoleh hasil p=0,000 yang artinya secara statistik menunjukan terdapat pengaruh pengetahuan pre test dan pos test. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh pemberian penyuluhan dengan mengunakan media penyuluhan lembar balik dan Food Model terhadap pengetahuan ibu mengenai Pola pemberian MPASI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 12 May 2020 08:57
Last Modified: 12 May 2020 08:57
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item