Hubungan Tingkat Stres Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Remaja Kelas XII Dalam Persiapan Ujian Nasional di SMA St. Maria Monica, Bekasi Timur

Gurning, Aditya Elkana (2017) Hubungan Tingkat Stres Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Remaja Kelas XII Dalam Persiapan Ujian Nasional di SMA St. Maria Monica, Bekasi Timur. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN - 2017 - ADITYA ELKANA GURNING.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ujian nasional merupakan sistem evaluasi yang dilakukan secara menyeluruh meliputi tingkat dasar dan menengah secara nasional. Keharusan dalam melaksanakan ujian nasional dapat menimbulkan rasa stress dan diiringi adanya motivasi belajar siswa dalam melakukan persiapan menghadapi ujian nasional tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan tingkat stress terhadap motivasi belajar siswa dalam persiapan ujian nasional di SMA St. Maria Monica. Penelitian ini menggunakan desain penelitian desriptif korelatif untuk mengetahui tingkat stress dan motivasi belajar siswa kelas XII di SMA St. Maria Monica. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang sedang dalam persiapan ujian nasional yang berjumlah 101 siswa di SMA St. Maria Monica. Instrument penelitia ini menggunakan kuesioner Dass 42 untuk mengukur tingkat stress pada siswa yang berisi 42 pertanyaan dan menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat motivasi belajar pada siswa dengan 35 pertanyaan. Hasil dari penelitian ini didapatkan p Value 0,03 dengan menggunakan analisis spearmen rho dan di dapatkan nilai r 0,290. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat stress dalam persiapan menghadapi ujian nasional memiliki korelasi yang rendah/lemah namun signifikan dengan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Widanarti Setyaningsih ,SKp, MN dan Ns. Siswani Marianna S.Kep, M.Si
Uncontrolled Keywords: stress, motivasi belajar, ujian nasional
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 12 May 2020 07:58
Last Modified: 12 May 2020 07:58
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item