Hubungan Penerapan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Dengan Status Gizi Balita Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kranji Bekasi Tahun 2017

Oktaviani, Putri Pratiwi (2017) Hubungan Penerapan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) Dengan Status Gizi Balita Usia 24-59 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kranji Bekasi Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
GIZI - 2017 - PUTRI PRATIWI OKTAVIANI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Salah satu program yang komprehensif dan terintegrasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun tingkat nasional adalah KADARZI (Keluarga Sadar Gizi). Status gizi balita kurus di wilayah Puskesmas Kranji pada tahun 2016 lebih tinggi dari kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan keluarga sadar gizi (KADARZI) dengan status gizi balita usia 24 – 59 bulan di wilayah kerja puskesmas Kranji Bekasi tahun 2017. Metode : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Analisis data penelitian ini menggunakan Chi-Square. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner yang dilakukan oleh Ibu balita yang berisi data karakteristik keluarga (jumlah anggota keluarga, usia ibu, pendidikan ibu, pekerjaan ibu, dan pendapatan keluarga), penerapan 5 indikator KADARZI (makan beraneka ragam, menimbang berat badan secara teratur, memberikan ASI eksklusif, memberikan suplemen gizi (vitamin A)), dan iodium test untuk indikator garam beryodium, penimbangan berat badan menggunakan timbangan injak dan pengukuran tinggi badan menggunakan microtoise. Data sekunder berupa status gizi balita kota Bekasi tahun 2016 dan profil Puskesmas Kranji tahun 2016. Hasil : Uji Chi-Square diketahui bahwa ada hubungan antara penerapan KADARZI dengan status gizi balita usia 24-59 bulan (p-value 0,006). Diskusi : Penerapan KADARZI berhubungan signifikan dengan status gizi balita usia 24-59 bulan. Khususnya pada indikator menimbang berat badan secara teratur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Meylina Djafar
Uncontrolled Keywords: penerapan KADARZI, status gizi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 11 May 2020 09:33
Last Modified: 11 May 2020 09:33
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item