Analisis Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Tenaga Penjamah Makanan Di Instalasi Gizi Rumah Sakit Hermina Bekasi Tahun 2017

Haryani, Primona (2017) Analisis Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Tenaga Penjamah Makanan Di Instalasi Gizi Rumah Sakit Hermina Bekasi Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
GIZI - 2017 - PRIMONA HARYANI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan : Pelayanan gizi rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan penunjang yang mempunyai tugas mendukung upaya penyembuhan penderita dalam waktu sesingkat mungkin. Perilaku yang tidak sehat dari Penjamah makanan (food handler) dapat memindahkan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Manusia merupakan sumber utama pencemaran pangan. Tangan, nafas, rambut dan keringat dapat mencemari pangan. Perilaku yang tidak sehat dari Penjamah makanan (food handler) dapat memindahkan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Manusia merupakan sumber utama pencemaran pangan. Tangan, nafas, rambut dan keringat dapat mencemari pangan. Tujuan : Untuk menganalisa adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku menggunakan alat pelindung diri bagi tenaga penjamah makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Hermina Bekasi. Metode : Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di Instalasi Gizi Rumah Sakit Hermina Bekasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 orang dari total karyawan 68 orang. Teknik Pengambilan sampel penelitian ini adalah Purposive Sampling, Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner dan formulir pemantauan ( worksheet ). pada penelitian ini, untuk cara pengujian digunakan Chi-square dengan menggunakan derajat kepercayaan 95% dan α 5%, sehingga jika nilai P ( p value) yang dihasilkan ≤0,005, berarti hasil perhitungan statistik bermakna (signifikan) atau menunjukkan ada hubungan antara variable dependen dengan independen, dan apabila p value >0,005 berarti hasil perhitungan statistik tidak bermakna atau tidak ada hubungan antara variable dependen dengan independen. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku penggunaan APD (p value=0,15). Tidak ada hubungan sikap dengan perilaku penggunaan APD (p value=0,09). Kesimpulan : bahwa tingkat pengetahuan dan sikap tidak mempengaruhi perilaku penggunaan APD pada tenaga penjamah makanan di Instalasi Gizi RS Hermina Bekasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Gunarti Yahya, DCN,MM, RD
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, Alat Pelindung diri (APD), Penjamah Makanan.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 11 May 2020 08:35
Last Modified: 11 May 2020 08:35
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item