Hubungan Antara Status Gizi Dan Tingkat Stres Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Remaja Usia 15 – 17 Tahun Di Smk Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat Tahun 2017

Sarah, Siti (2017) Hubungan Antara Status Gizi Dan Tingkat Stres Dengan Gangguan Pola Tidur Pada Remaja Usia 15 – 17 Tahun Di Smk Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
GIZI - 2017 - SITI SARAH repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Data menunjukan bahwa jutaan orang di seluruh dunia memiliki masalah tidur yang kebanyakan belum tertangani. Lamanya tidur seseorang berhubungan dengan berat badan, remaja yang tidur kurang dari 8 jam per hari cenderung memiliki keinginan makan yang lebih besar dari pada remaja yang durasi tidurnya cukup yaitu 8,5 – 9,25 jam. Tujuan : Menganalisis hubungan antara status gizi dan tingkat stres dengan gangguan tidur pada remaja usia 15 - 17 tahun di SMK Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat Tahun 2017. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Responden yang memenuhi kriteria inklusi yaitu remaja laki-laki dan perempuan usia 15 - 17 tahun, dengan melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan kemudian diberikan kuesioner DASS 42 dan Sleep Disorder. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa-siswi mengalami gangguan pola tidur secara kualitas terganggu sebanyak 47,8% dan kuantitas tidur terganggu sebanyak 65,6%. Terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan gangguan tidur kualitas (p-value 0,041) dan kuantitas (p-value 0,050). Selain status gizi, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan gangguan tidur kualitas (p-value 0,026) dan kuantitas (p-value 0,008). Kesimpulan : Siswa-siswi yang mengalami stres sedang cenderung mengalami gangguan tidur secara kuantitas dengan status gizi lebih / pre obesitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Kresnawan
Uncontrolled Keywords: Status gizi, tigkat stres, gangguan tidur, remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 11 May 2020 08:28
Last Modified: 11 May 2020 08:28
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item