Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Lansia Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2017

Maghriwati, Rahmita (2017) Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Lansia Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
GIZI-2017-RAHMITA MAGHRIWATI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Latar belakang: Meningkatnya jumlah lanjut usia akan menimbulkan berbagai macam permasalahan yang kompleks. Termasuk masalah kesehatan terutama masalah gizi yang terjadi pada lansia dapat berupa gizi kurang atau gizi lebih. Prevalensi obesitas di Indonesia yang paling tinggi menjelang lansia sampai lansia adalah kelompok umur 55-64 tahun sebanyak (23,1%).Tujuan: Mengetahui gambaran dan hubungan karakteristik lansia, aktivitas fisik, konsumsi makan dengan status gizi pada lansia di posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2017 Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Posyandu lansia wilayah kerja Puskesmas Batu Ampar. Populasi pada penelitian ini adalah lansia yang sesuai dengan kriteria penelitian sebanyak 100 orang. Hasil: Rata-rata status gizi lansia 64 % berstatus gizi lebih, Karakteristik lansia: 94%, berjenis kelamin perempuan, 77% berumur 60-69 tahun, 76% pendidikan rendah, 53% pengetahuan gizi rendah, 71 % aktifitas fisik rendah, 73 % asupan energi cukup, Adanya hubungan antara pendidikan dan status gizi, Adanya hubungan antara pengetahuan dan status gizi, Adanya hubungan antara aktifitas fisik dan status gizi, Adanya hubungan antara konsumsi makan dan status gizi.tidak ada hubungan umur dan jenis keamin dengan status gizi. Kesimpulan: Adanya hubungan antara pendidikan dan status gizi, Adanya hubungan antara pengetahuan dan status gizi Ada hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi.Ada hubungan antara konsumsi makan dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Gusti Kumala Dewi, MARS
Uncontrolled Keywords: Status gizi, aktivitas fisik, asupan energi, lansia
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 08 May 2020 09:52
Last Modified: 08 May 2020 09:52
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item