Hubungan Antara Pengetahaun Tentang Gizi, Aktivitas Fisik, Dan Asupan Energi Dengan Status Gizi (Imt/U) Siswa Kelas Viii Smp Perguruan Rakyat 3 Pondok Bambu Jakarta Timur Tahun 2017

Ristiani, Yulita (2017) Hubungan Antara Pengetahaun Tentang Gizi, Aktivitas Fisik, Dan Asupan Energi Dengan Status Gizi (Imt/U) Siswa Kelas Viii Smp Perguruan Rakyat 3 Pondok Bambu Jakarta Timur Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
Gizi - 2017 - Yulita Ristiani repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah gizi seimbang di Indonesia masih merupakan masalah yang cukup berat. Pada hakikatnya berpangkal pada keadaan ekonomi yang kurang dan terbatasnya pengetahuan tentang gizi. Prevalensi status gizi (IMT/U) di Jakarta Timur 1,4% sangat kurang, 7,3 kurang, 73,7% normal, 12,6% gemuk, dan 5,1% obesitas. Prevalensi gemuk dan obesitas di Jakarta Timur berada di atas prevalensi nasional. Tujuan: Mengetahui gambaran dan hubungan antara pengetahuan tentang gizi, aktivitas fisik, dan asupan energi dengan status gizi (IMT/U) siswa kelas VIII SMP Perguruan Rakyat Pondok Bambu, Jakarta Timur Tahun 2017. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMP Perguruan Rakyat Pondok Bambu, Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 131 orang. Hasil: Rata-rata status gizi siswa (64,1%) nomal, pengetahuan tentang gizi siswa (54,2%) berpengetahuan sedang, aktifitas fisik siswa (51,9%) sedang. Tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang gizi dengan status gizi (IMT/U) p= 0,280. Ada hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi (IMT/U) p= 0,000. Ada hubungan antara asupan energi dengan status gizi (IMT/U) p= 0,000. Kasimpulan: Tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang gizi dengan status gizi (IMT/U). Ada hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi (IMT/U). Ada hubungan antara asupan energi dengan status gizi (IMT/U).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Bapak Irwan Haryanto, MKM
Uncontrolled Keywords: Status gizi, pengetahuan gizi, aktivitas fisik, asupan energi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 08 May 2020 09:48
Last Modified: 08 May 2020 09:48
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item