Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penerapan 5R Pada Bagian Pemasangan Keramik Tower 7 di Proyek Wisma Atlit Kemayoran Tahun 2017

Abdillah, Fahmi (2017) Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Penerapan 5R Pada Bagian Pemasangan Keramik Tower 7 di Proyek Wisma Atlit Kemayoran Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
K3-2017-fahmi abdillah repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

5R merupakan serangkaian kegiatan pemilahan, penataan, pembersihan, perawatan dan pembiasaan. Metode 5R salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi, tetapi 5R sendiri yang sering tidak diperhatikan, berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara terhadap petugas safety dari wawancara 10 orang pekerja ada 3 orang pekerja yang pernah terjatuh karena tersandug kabel yang tidak diberi klem yang mengakibatkan pekerja terluka. Hal ini dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal apabila tidak ditangani dengan baik. Belum maksimalnya penerapan 5R di tower 7 dikarenakan kurangnya kepedulian pekerja terhadap 5R. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data cross sectional survei. Populasi penelitian ini berjumlah 48 orang. Peneliti menggunakan jenis dan rancangan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan perilaku penerapan 5R. Hasil uji statistik dengan menggunakan Chi-Square. hubungan pengetahauan dengan perilaku penerapan 5R didapat p value = 0.001 < p = 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku penerapan 5R pada bagian pemasangan keramik di Proyek Wisma Atlit Tower 7 didapat p value = 0.001 < p = 0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syukri Sahab. MSi
Uncontrolled Keywords: 5R, House Keeping, Pengetahuan, Perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 08 May 2020 09:02
Last Modified: 08 May 2020 09:02
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item