Hubungan Intensitas Panas Suhu Ruangan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Refrigrator di PT. X Tahun 2017

Kurnia, Muhammad Arizal (2017) Hubungan Intensitas Panas Suhu Ruangan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Refrigrator di PT. X Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
K3 - 2017 - MUHAMMAD ARIZAL KURNIA repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kelelahan kerja adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan kecelakaan pada pekerja bahkan dapat mengakibatkan kematian dan kerugian pada perusahaan. Berdasarkan pengamatan penelitian sebelumnya banyak faktor yang mengakibatkan kelelahan pada pekerja seperti halnya faktor lingkungan, suhu atau iklim lingkungan kerja, gaya hidup, intensitas kerja. Tujuan dilakukan penelitian ini agar mengetahui apakah ada hubungan antara kelelahan bekerja dengan suhu atau iklim lingkungankerja pada pekerja bagian produksi refrigerator di PT. X tahun 2017. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Sample penelitian ini diambil secara acak sebanyak 80 responden dari total 209 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi serta menggunakan alat ukur kuisioner. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran dan kuesioner akan dianalisa secara univariat dengan metode sperman. Hasil penelitian secara umum dari 80 sampel sebanyak 51 pekerja (63,8%) mengalami kelelahan ringan dan 29 pekerja (36,3%) mengalami kelelahan menengah, yang terpapar suhu derajat ringan sebanyak 2 pekerja (2,5%), dan 78 (97,5%)pekerja terpapar suhu derajat sedang, serta 12 pekerja dengan persentase (15,0%) perokok bukan perokok, dan 68 pekerja (85,0%) perokok. Pada penelitian ini tidak menunjukan hasil yang signifikan pada Hubungan Intensitas Suhu Ruangan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Refrigrator di PT. X tahun 2017 yaitu dengan nilai r > 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Imam Waluyo, SMPh, MBA
Uncontrolled Keywords: Intensitas Suhu Ruangan, Kelelahan Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 06 May 2020 11:24
Last Modified: 06 May 2020 11:24
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item