Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pengobatan Skizofrenia Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Poliklinik Rawat Jalan Rs. Jiwa Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta

Suryanti, Sri (2017) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pengobatan Skizofrenia Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Skizofrenia Di Poliklinik Rawat Jalan Rs. Jiwa Dr.Soeharto Heerdjan Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN - 2017 - SRI SURYANTI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skizofrenia adalah gangguan jiwa yang penderitanya tidak mampu menilai realitas dengan baik dan pemahaman diri buruk. Pengetahuan tentang pengobatan pasien skizofrenia yang harus dimiliki diantaranya mengenai terapi multi obat, frekuensi pemberian, durasi dan terapi, efek samping. Kepatuhan dalam pengobatan adalah mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan pada waktu dan dosis yang tepat serta menunjukan ketaatan yang meningkat terhadap regimen obat yang ditulis sehingga menghasilkan hasil terapi yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang pengobatan skizofrenia terhadap kepatuhan minum obat pada pasien skizofrenia di piloklinik rawat jalan RS. Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan secara cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan April 2017 dengan responden berjumlah 70 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan tentang pengobatan skizofrenia terhadap kepatuhan minum obat dengan nilai p value = 0.000 < 0.05 dan menunjukkan korelasi kuat dengan nilai r = 0.623. Perlunya pemberian informasi secara berulang kepada pasien beserta keluarga sangatlah membatu mencegah ketidakpatuhan pengobatan, begitu pula dengan dukungan serta motivasi keluarga dengan melakukan pengawasan dalam pengobatan yang dilakukan dirumah dalam upaya mencegah kekambuhan pasien skizofrenia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sari Narulita, S.Kep, M.Si; Aliana Dewi, S.Kp. M.N.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang obat, kepatuhan minum obat, skizofrenia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 05 May 2020 09:57
Last Modified: 05 May 2020 09:57
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item