Hubungan antara Kadar Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dengan Kepadatan Tulang Lansia di Desa Barengkok dan Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Tahun 2017 (Analisis Lanjut)

Adwinda, Ardhiana Dwika (2017) Hubungan antara Kadar Kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dengan Kepadatan Tulang Lansia di Desa Barengkok dan Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Tahun 2017 (Analisis Lanjut). Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
FISIOTERAPI - 2017 - ARDHIANA DWIKA ADWINDA repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan : Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan High Density Lipoprotein (HDL) dengan kepadatan tulang lansia (BMD) Metode : Penelitian ini menggunakan analisis lanjut dari penelitian utama “Senam Lansia dan Terapi Komplementer pada kesehatan Fisik dan Mental pada Lansia di Desa Barengkok dan Desa Puraseda Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Tahun 2017”. Total sampel di penelitian ini yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi adalah 80 lansia. Kriteria inklusi yang digunakan lansia dengan usia antara ≥60 hingga 72 tahun dan tinggal di Desa Barengkok dan Desa Puraseda. Kadar HDL didapatkan dari pemeriksaan sampel darah dan nilai BMD didapatkan dari densitometri. Nilai kadar HDL dikategorikan berdasarkan NCEP ATP III dan BMD dinilai dengan nilai T-score dan dikategorikan normal, osteopenia dan osteoporosis. Hasil : Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar HDL tidak berkorelasi dengan kepadatan tulang dengan nilai r >0,05 (r=0,07) yang menunjukkan tidak adanya hubungan dan nilai korelasi secara statistik tidak bermakna dengan p>0,05 (p=0,54). Kesimpulan : Penelitian ini tidak mendukung hubungan nilai kadar HDL dengan kepadatan tulang lansia di Desa Barengkok dan Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: dr. Vivi Kurniati T, M.Si dan dr. Zeth Boroh.,Sp.KO
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hyper Density Lipoptotein (HDL), kepadatan tulang , osteoporosis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 04 May 2020 08:55
Last Modified: 04 May 2020 08:55
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item