Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Proses Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Lantai 16 di RSUD KOJA

Nurhayati, Nurhayati (2017) Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Proses Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Lantai 16 di RSUD KOJA. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2018-NURHAYATI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Hospitalisasi merupakan suatu proses dimana karena alas an tertentu atau darurat mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit, menjalani terapi perawatan sampai pemulangannya kembali kerumah. Hospitalisasi adalah bentuk stressor individu yang berlangsung selama individu tersebut dirawat di rumah sakit. Salah satu intervensi keperawatan anak untuk membantu mengurangi tingkat kecemasan anak usia prasekolah selama menjalani hospitalisasi adalah terapi bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang terapi bermain terhadap tingkat kecemasan pada proses hospitalisasi anak usia prasekolah di RSUD Koja. Subjek dan Metode: Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan pada orang tua anak yang sedang mengalami proses hospitalisasi di ruang anak lantai 16 RSUD Koja. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan cara non probability sampling sebanyak 70 responden. Alat ukur menggunakan kuesioner berupa pernyataan dengan skala ukur adalah ordinal. Analisis data di olah menggunakan program SPSS 16 dengan teknik kolmogrovo- smirnov. Menggunakan rumus spearman rank (non parametric version) dari Pearson.Hasil: Berdasarkan penelitian diperoleh hasil tingkat pengetahuan responden adalah baik (61,4%), cukup (28,6%), kurang (10,0%). Dan hasil tingkat kecemasan proses hospitalisasi adalah kecemasan ringan (78,8%), kecemasan sedang (17,1%), kecemasan berat (4,3%). Setelah dilakukan ujiSpreman rho didapatkan nilai p=0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang terapi bermain terhadap tingkat kecemasan dengan nilai r 0, 434. Saran: diharapkan orang tua terus meningkatkan pengetahuan baik dengan cara mengikuti pendidikan kesehatan yang di berikan oleh perawat ruangan selama masa perawatan maupun dari media seperti buku, tv, internet dan sumber informasi lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Lisnadiyanti, SKM., Mkep dan Djuariah Chanafie, SKp.,M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Terapi Bermain, Hospitalisasi.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 29 Apr 2020 09:15
Last Modified: 29 Apr 2020 09:15
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item