Analisa Perilaku Penyalahgunaan Minuman Keras Terhadap Sikap Antisosial Remaja Di Smk Dharma Surya Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Sumarno, Feriadi (2017) Analisa Perilaku Penyalahgunaan Minuman Keras Terhadap Sikap Antisosial Remaja Di Smk Dharma Surya Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN - 2017 - FERIADI SUMARNO repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penyalahgunaan minuman keras saat ini merupakan permasalahan yang cukup berkembang didunia remaja dan menunjukan kecendrungan yang meningkat dari tahun ketahun, akibat yang ditimbulkan meningkatnya kecendrungan penyalahgunaan minuman keras pada remaja ialah Sikap antisosial, kepribadian psikopatik yaitu, tampak hanya sedikit sekali mempunyai rasa tanggung jawab, moralitas, atau perhatian pada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor – faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan minuman keras terhadap sikap antisosial pada remaja SMK Dharma Surya. Penelitian ini dilakukan pada 73 responden, menggunakan deskriptif analitik. Korelasi sampling menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini didapatkan hasil pengetahuan/pertise (79.5%), sikap/gaya hidup (76.7%), ekonimi/dukungan keluarga (49.3%), tradisi (86.3%), tempat penjualan/ketersediaan (68.5%), teman sebaya (53.4%), sikap antisosial (50.7%). Semua faktor mempunyai pengaruh namun dengan nilai koefisien korelasi yang rendah seperti faktor pengetahuan/pertise dengan nilai p-value 0,037 dan nilai r 0,244, sikap/gaya hidup p – value 0,046 dan nilai r 0,234, ekonimi/dukungan keluarga dengan nilai p – value 0,043 dan nilai r 0,238, tradisi dengan nilai p – value 0,034 dan nilai r 0,248, tempat penjualan/ketersediaan dengan nilai p – value 0,042 (p < 0,05) dan nilai r 0,239, teman sebaya dengan nilai p-value 0,034 (p < 0,05) dan nilai r 0,248. Hubungan faktor-faktor yang sangat mempengaruhi penyalahgunaan minuman keras terhadap sikap antisosial remaja adalah sikap/gaya hidup, karena sikap/gaya hidup sangat penting untuk mengangkat derajat sosial dikalangan remaja. Kesimpulan dengan demikian, hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sikap/gaya hidup dengan sikap antisosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Lisnadiyanti, SKM., M.Kep dan Ns. Siswani Mariana, S.Kep., M,Si
Uncontrolled Keywords: Prilaku penyalahgunaan minuman keras, Sikap antisosial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 29 Apr 2020 08:07
Last Modified: 29 Apr 2020 08:07
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item