Hubungan Antara Tingkat Kecanduan Smartphone Dengan Depresi Pada Remaja Usia 12-15 Tahun Di Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur, Tahun 2018

Aryadi, Alfian (2018) Hubungan Antara Tingkat Kecanduan Smartphone Dengan Depresi Pada Remaja Usia 12-15 Tahun Di Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur, Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
FISIOTERAPI-2018-ALFIAN ARYADI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecanduan smartphone dengan depresi remaja usia 12-15 tahun tingkat SMP. Metode : Penelitian ini merupakan analisa lanjut dari ―Gambaran Penggunaan Media Elektronik Terhadap Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental, dan Akademik Sekolah Pada Remaja Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2018‖ yang menggunakan desain Cross Sectional. Yang dipilih sebagai lokasi penelitian adalah empat sekolah tingkat SMP di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Total sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 266 sampel. Dengan kriteria inklusi remaja yang berusia 12-15 tahun, tingkat SMP (kelas 8 dan 9), dan remaja yang memiliki media elektronik. Pengisian kuesioner dilakukan mengenai tingkat kecanduan smartphone dan depresi. Hasil : Hasil penelitian menunjukan tingkat kecanduan smartphone nilai rata-rata 34,33 sedangkan nilai rata-rata depresi 11,29. Hubungan antara kecanduan smartphone dengan depresi remaja bermakna secara statistic dengan p > 0,05. Kesimpulan : Tidak hubungan yang signifikan secara statistik antara kecanduan smartphone dengan depresi usia 12-15 tahun tingkat SMP di wilayah Kramat Jati, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Siswo Poerwanto, M.Sc, MPH, Ph.D dan Dr. R. H. Djadjang A. SH., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Remaja, Kecanduan smartphone, depresi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 27 Apr 2020 12:11
Last Modified: 27 Apr 2020 12:11
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item