Faktor - Faktor Yang Berhubungan Antara Pemberian Tablet Fe Dengan Kadar Hb Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Tahun 2017

Sudarmaningsih, Dyah Ponco (2018) Faktor - Faktor Yang Berhubungan Antara Pemberian Tablet Fe Dengan Kadar Hb Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Tahun 2017. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
TLM-2018-DYAH PONCO SUDARMANINGSIH repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kekurangan zat besi berasosiasi kurang menguntungkan untuk ibu dan bayi, kejadian anemia pada ibu hamil akan meningkatkan risiko terjadinya kematian ibu dibandingkan dengan ibu yang tidak anemia (Depkes, 2012).Menurut Health Nutrition and Population Statistic (2010) dalam Nurhayati (2013) kejadian anemia pada ibu hamil terjadi di semua negara baik negara belum berkembang, sedang berkembang, dan negara maju. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah prevalensi anemia, dan faktor-faktor risiko anemia pada ibu hamil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik yaitu suatu metode pendekatan penelitian untuk memperoleh gambaran dan hasilnya ditunjukan dalam jumlah angka, dengan menggunakan pendekatan Cross Secctional.Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru Tahun 2017 yang berjumlah 150 orang, sampel penelitian ini yaitu sebanyak 75 responden. Data diambil secara acak atau simplerandom sampling. Hasil penelitian univariat didapatkan bahwa Hb sebelum pemberian Fe di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru rata-rata adalah 11,1 gr/dl dengan rentang Hb 8,3 – 14 gr/dl, sedangkan hasil bivariate yaitu variabel Gravida/Paritas dengan (p_value 0,001) dan variabel usia (p_value 0,000), dan yang tidak berhubungan dengan anemia yaitu Pendidikan (p_value 0,322), Pekerjaan (p_value 0,618) dan BBLR (p_value 0,644). Ibu hamil yang tidak terkena anemia diharapkan untuk tetap mengkonsumsi tablet Fe dengan benar selama kehamilan dan secara teratur. Bagi ibu hamil yang terkena anemia diharapkan dapat meningkatkan nutrisi dan mengkonsumsi tablet Fe dengan benar selama kehamilan dan secara teratur sehingga anemia pada ibu hamil dapat teratasi, serta dapat mendeteksi secara dini jika komplikasi dan kegawatdaruratan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing I : N. Sri Widada, S.Pd., M.Kes.
Uncontrolled Keywords: Pemberian Tablet Fe, Kadar Hb, Usia, Paritas, Pendidikan, Pekerjaan, BBLR
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 22 Apr 2020 09:25
Last Modified: 22 Apr 2020 09:25
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item