Gambaran Vaginal Birth After Cesarian (VBAC) Score Terkait Tindakan Persalinan Yang Di Alami Ibu Hamil Di RSUD Tarakan Jakarta

Mulinawati, Sri (2017) Gambaran Vaginal Birth After Cesarian (VBAC) Score Terkait Tindakan Persalinan Yang Di Alami Ibu Hamil Di RSUD Tarakan Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERWATAN - SRI MULINAWATI - 2017 repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)

Abstract

VBAC score adalah penilaian kondisi ibu terhadap kemungkinan melahirkan pervaginam setelah dilakukan seksio sesarea pada persalinan sebelumnya. Tindakan persalinan adalah Usaha yang dilakukan tenaga kesehatan untuk membantu ibu hamil dalam proses mengeluarkan bayi dari rahim ibu. Metode penelitian dengan Deskriptif Crossectional, dengan jumlah responden 44 orang ibu hamil yang akan menjalani proses persalinan. Analisa yang digunakan adalah Chi Square dengan analisa Univariat dan Bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% dari jumlah responden dengan tingkat keberhasilan rendah pada VBAC Score dan 81,8% dari jumlah responden dilakukan jenis persalinan seksio sesarea. Tidak ada keterkaitan antara VBAC score dengan tindakan persalinan yang dialami ibu hamil dengan nilai p value (0,092) > α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan jumlah persalinan seksio sesarea yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah persalinan normal. Diharapkan kepada semua tenaga kesehatan khususnya yang berada dilingkungan RSUD Tarakan Jakarta dapat memberikan penyuluhan kepada ibu hamil khususnya pada ibu hamil dengan bekas seksio sesarea dan lebih memotivasi dengan ketentuan ibu hamil tersebut memenuhi kriteria untuk dilakukan VBAC, serta pemberian edukasi tentang keuntungan persalinan normal seyokyanya diberikan edukasi semenjak antenatal, agar ibu hamil dapat menjalani persalinan normal meskipun pada sersalinan sebelumnya dilakukan operasi seksio sesarea dan VBAC dilingkungan rumah sakit dapat terwujud dan dilakukan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Handayani, SKp, M.Kep, Sp.Mat dan Intan Parulian, SKp, MN
Uncontrolled Keywords: VBAC score dan Tindakan Persalinan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 14 Apr 2020 12:36
Last Modified: 14 Apr 2020 12:36
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item