Pengaruh Fungsi Sosial Keluarga dengan Keterampilan Sosial Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta

Achmad, Zakaria (2017) Pengaruh Fungsi Sosial Keluarga dengan Keterampilan Sosial Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Bachelor thesis, STIKES Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2017-ZAKARIA ACHMAD-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)

Abstract

Skizofrenia adalah kasus terbanyak gangguan jiwa di pelayanan kesehatanj iwa RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan83,93% (698 kasus dari 2023 kasus). Sebagian besar keluarga pasien mengalami kesulitan dalam merawat pasien skizofrenia dan tidak tahu fungsi sosial keluarga dalam mengembangkan keterampilan sosia lpasien. Belum ada penelitian khusus di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan tentang hubungan fungsi social keluarga dengan keterampilan sosial pasien skizofrenia. Tujuan penelitian adalah diketahuinya pengaruh fungsi social keluarga terhadap keterampilan social pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta. Populasi adalah semua pasien skizofrenia yang melakukan rawat jalan di poli rawat jalan RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta berjumlah 90 orang yang di jadikan obyek penelitian dengan besaran sampel yang diambil 75 responden. Analisis dilakukan dengan uji statistika chi square. Hasil penelitian menyatakan sebagian besar keluarga mengalami disfungsi sosial yaitu 53,3%, sedangkan dengan fungsi sosial baik adalah 46,7%. Sebagian besar responden dengan kategori keterampilan sosial pasien baik yaitu 64,0%, sedangkan untuk keterampilan sosial kurang 36,0% Ada sebanyak 77,1% keluarga dengan fungsi sosial baik yang keterampilan social pasiennya baik. Sedangkan diantara keluarga yang mengalami disfungsi sosial, ada 52,5% yang keterampilan sosial pasiennya baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara fungsi social keluarga dengan keterampilan social pasien Skizofrenia di RS Jiwa dr. Soeharto Heerdjan Jakarta dengan hasil uji statistic diperoleh nilai p=0,048 (P< 0,05). Saran yang direkomendasikan bagi Institusi Rumah Sakit untuk kebijakan dan program pelayanan keperawatan pengembangan keterampilan sosial bagi pasien skizofreniadi Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Sari Narulita, S.Kep, M.Si dan Aliana dewi, S.Kep, MN
Uncontrolled Keywords: Fungsi Sosial, Keterampilan Sosial, Skizofrenia
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:28
Last Modified: 27 Nov 2019 02:28
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item