Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terkait Kemampuan Anak Usia Toddler Dalam Toilet Training Di Tk Bhakti Ibu Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2017

Anderia, Edha (2017) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Terkait Kemampuan Anak Usia Toddler Dalam Toilet Training Di Tk Bhakti Ibu Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2017. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2017-EDHA ANDERIA-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)

Abstract

Pengetahuan tentang toilet training sangat penting untuk dimiliki oleh orangtua terutama seorang ibu, pengetahuan yang baik berarti mempunyai pemahaman yang baik dalam mengoptimalkan setiap tahap perkembangan anak yang salah satunya kemampuan melakukan toilet pada anak usia toddler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu terkait kemampuan anak usia toddler dalam toilet training. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kolerasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia toddler. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang mengenani tingkat pengetahuan ibu dan kemampuan anak usia toddler. Hasil analisa univariat didapatkan sebanyak 13 responden (26,0%) berpengetahuan baik, 37 responden (74,0%) berpengatuan sedang dan tidak terdapat responden dengan berpengetahuan buruk. Hasil analisa bivariat menggunakan uji Spearman rho didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu terkait kemampuan anak usia toddler dalam toilet training di TK Bhakti Ibu Jakarta Timur dengan korelasi (r=0,410) dengan nilai P-Value sebesar 0,003 (p<0,05). Penelitian ini membuktikan bahwa tingkat pengetahuan ibu sangat penting untuk diperhatikan dalam proses kemampuan anak melakukan toilet training dan diharapakan orang tua dapat menyempatkan untuk melatih anaknya melakukan toilet training, selalu memberikan waktu dalam pelaksanaan toilet training sehingga diharapkan anak dapat melakukan toilet training secara mandiri dan tidak tergantung kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Aan Sutandi, S.Kep, MN dan Sari Narulita, SKp., M.Si
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, toilet training, toddler
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:09
Last Modified: 31 Oct 2019 06:09
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item