Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Pengobatan Tuberkulosis (TB) Terhadap Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) Di RW 14 Kelurahan Kebon Melati Kecamatan Tanah Abang Tahun 2017

Faizin, Muhammad (2017) Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga Tentang Pengobatan Tuberkulosis (TB) Terhadap Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) Di RW 14 Kelurahan Kebon Melati Kecamatan Tanah Abang Tahun 2017. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2017-MUHAMMAD FAIZIN-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuberkulosis (Tb) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Kasus Tb telah menjadi penyebab kematian ke-2 di Indonesia dan Kota Jakarta menduduki peringkat pertama dimana kasus Tb banyak ditemukan. Penyebaran kasus Tb tersebut dapat dikendalikan apabila penderita dan keluarga memiliki pengetahuan yang baik terhadap pengobatan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan keluarga tentang pengobatantu berkulosis (Tb) terhadap kepatuhan minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) di RW 14 Kelurahan Kebon Melati Kecamatan Tanah Abang. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi cross sectional. Populasi yang digunakan terdiri dari 42 orang penderita Tb positif hasil dari proses observasi dan pemeriksaan secara berkala dari bulan September—Oktober 2016. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisa statistic berdasarkan Uji Korelasi Spearman dengan tingkat kepercayaan 0,05 menunjukkan nilai p value < 0,05 yaitu p hitung = 0,005 lebih kecil dibandingkan p table = 0,05 maka Ho ditolak dengan nilai korelasi 0,425 yang menyatakan arah korelasi sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan keluarga terhadap kepatuhan minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) di RW 14 Kelurahan Kebon Melati Kecamatan Tanah Abang 2016. Saran diharapkan bagi perawat untuk meningkatkan pelayanan mutu kesehatan dan pengetahuan ke masyarakat mengenai penyakit tuberculosis dan cara pengobatannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ns. Aan Sutandi, S.Kep, MN dan Ns. Handayani , M.kep, Sp. Mat
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kepatuhan Minum Obat, Tuberkulosis
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:21
Last Modified: 30 Oct 2019 06:21
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item