Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Terhadap Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sangiang Kelurahan Sangiang Jaya Kecamatan Periuk Tangerang Banten

Supriyati, Titin (2017) Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Terhadap Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sangiang Kelurahan Sangiang Jaya Kecamatan Periuk Tangerang Banten. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2017-TITIN SUPRIYATI-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Gizi kurang atau gizi buruk merupakan refleksi dari pola asuh yang tidak benar termasuk didalamnya pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI). Pengetahuan ibu merupakan faktor yang penting dalam pemberian makanan tambahan pada bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI terhadap status gizi pada bayi usia 6-12 bulan di Puskesmas Sangiang Tangerang Banten. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan menggunakan pendekatan Cross-sectional. Sampel berjumlah 40 responden yang dipilih secara Simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis hubungan antara variabel menggunakan rumus korelasi Spearmen Rho. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel pengetahuan ibu tentang MP-ASI terhadap status gizi bayi usia 6- 12 bulan, dimana nilai sig 0,563. Dari hasil penelitian ini diharapkan petugas kesehatan lebih meningkatkan promosi kesehatan dengan memberikan penyuluhan tentang MP-ASI pada bayi usia 6-12 bulan untuk mencukupi kebutuhan gizi dan meningkatkan status gizi bayi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Utami, SKp, MN dan Aliana Dewi, SKp, MN
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, MP-ASI, Status Gizi, Bayi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:28
Last Modified: 28 Oct 2019 02:28
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item