Hubungan antara komponen dukungan sosial dengan kepatuhan pasien ODHA dalam menjalani terapi ARV di RSUD Tarakan Jakarta

Qomariah, Siti (2017) Hubungan antara komponen dukungan sosial dengan kepatuhan pasien ODHA dalam menjalani terapi ARV di RSUD Tarakan Jakarta. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2017-SITI QOMARIAH-repo-tanpa dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh Berdasarkan data United Nations Programme on HIVIAIDS (UNAIDS) pada tahun 2013 melaporkan bahwa secara global hingga tahun 2012 tercatat sekitar 35,3 juta orang Berdasarkan data laporan perkembangan HIV-AIDS di Indonesia, dilaporkan sebanyak 7.335 kasus sedangkan infeksi HIV, melihat kondisi banyaknya pasien HIV baik di dunia maupun Indonesia peneliti tertarik mengangkat penelitian mengenai hubungan antara komponen dukungan sosial dengan kepatuhan pasien ODHA dalam menjalani terapi ARV di RSUD Tarakan Jakarta. Penelitian ini bersifat descriptive dengan metode crossectional dengan menggunakkan sample sebanyak 76 responden, hasil penelitiannya sebagai berikut diketahui Hubungan dukungan emosional terhadap kepatuhan minum obat didapatkan nilai p-value sebesar = 0,019, dengan nilai r = 0,290 artinya kekuatan hubungannya lemah antara dukungan emosional terhadap kepatuhan minum obat hubungan dukungan penghargaan terhadap kepatuhan minum obat didapatkan nilai p-value sebesar = 0,005, dengan nilai r = 0,347 artinya kekuatannya lemah hubungan anatara dukungan penghargaan terhadap kepatuhan minum obat. hubungan dukungan instrumental terhadap kepatuhan minum obat didapatkan nilai p-value sebesar = 0,007, Dengan nilai r = 0,319 artinya kekuatannya lemah hubungan anatara dukungan instrumental terhadap kepatuhan minum obat. Hubungan dukungan informasi terhadap kepatuhan minum obat didapatkan nilai p-value sebesar = 0,010, dengan nilai r = 0,319 artinya kekuatannya lemah hubungan antara dukungan informasi terhadap kepatuhan minum obat. Diharapakan masyarakat berperan aktif dalam mencari informasi mengenai pengobatan dan perawatan pasien HIV agar pasien mendapatkan perawatan yang baik di rumah, selain itu dukungan penghargaan dimasyarakat perlu di perkuat kembali karena dukungan ini menyangkut pemberian dukungan terhadap kesembuhan pasien HIV sehingga dukungan dari keluarga dan masyarakat diperlukan untuk kemajuan pengobatan pasien HIV.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Djuariah Chanafie S.Kp .,M.Kep dan Ns. Handayani M.Kep., Sp.Mat
Uncontrolled Keywords: dukungan, HIV, kepatuhan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 24 Oct 2019 09:07
Last Modified: 04 May 2020 11:43
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item