Pengaruh Pijat Refleksi Terhadap Durasi Tidur Pada Lansia Terkait Dengan Jenis Kelamin di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2017: (Analisis Lanjut)

Fudhiana, Ika (2017) Pengaruh Pijat Refleksi Terhadap Durasi Tidur Pada Lansia Terkait Dengan Jenis Kelamin di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2017: (Analisis Lanjut). Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
FISIOTERAPI-2017-IKA FUDHIANA-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengkaji Pengaruh Pijat Refleksi Terhadap Durasi Tidur Terkait Jenis Kelamin Pada Lanjut Usia di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun 2017. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan analisa lanjut dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemberian Intervensi Senam Lansia dan Terapi Komplementer terhadap Kesehatan Fisik dan Mental Pada Lansia Di Desa Puraseda dan Barengkok, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor” pada kelompok intervensi Pijat Refleksi terhadap durasi tidur. Hasil: Hasil Uji t-test, ini diperoleh nilai signifikansi 0,04 (p < 0,05) dengan ratarata nilai durasi tidur sebelum intervensi sebesar 390, termasuk kedalam kelompok rata-rata durasi tidur yang normal dan rata-rata nilai durasi tidur setelah intervensi sebesar 439, termasuk kedalam kelompok rata-rata durasi tidur yang normal. Perubahan ini secara statistik bermakna. Sedangkan Terkait jenis kelamin, tidak terdapatnya perubahan yang signifikan pada intervensi pijat refleksi terkait jenis kelamin (laki-laki maupun perempuan) terhadap durasi tidur dengan nilai signifikansi laki-laki p = 0,09 (p > 0,05) dan perempuan dengan nilai signifikansi p = 0,43 (p > 0,05). Sedangkan, untuk rata–rata nilai durasi tidur pada laki-laki sebelum intervensi adalah 360 dan sesudah intervensi 451,25. Dan, untuk rata– rata nilai durasi tidur pada perempuan sebelum intervensi adalah 415 dan sesudah intervensi 430,8. Kesimpulan: Pada hasil penelitian ini, menggunakan Pitsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Jadi, ada perubahan yang terjadi secara normal dan rata - rata untuk tidur dengan pijat refleksi. Sementara, ada perubahan sedikit untuk rata-rata ratarata tidur pada laki-laki dan perempuan (perempuan lebih banyak mengalami perubahan dari laki-laki), namun secara statistik tidak ada pengaruh yang aktif terhadap durasi tidur terkait jenis kelamin antara intervensi Pijat Refleksi terhadap nilai durasi tidur terkait dengan jenis kelamin pada lansia di Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. R. H. Djadjang A, SH. M. Kes, dan Pembimbing 2 : Septian Arief Gandaputra SST. Ft., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pijat Refleksi, Durasi Tidur, Lansia,PICO
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:09
Last Modified: 26 Nov 2021 09:26
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item