Hubungan Nyeri dan Depresi Pada Lansia di Desa Barengkok dan Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2017: (Analisis Lanjut)

Barokah, Lulu’ Khusnul (2017) Hubungan Nyeri dan Depresi Pada Lansia di Desa Barengkok dan Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Tahun 2017: (Analisis Lanjut). Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
FISIOTERAPI-2017-LULU KHUSNUL BAROKAH-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)

Abstract

Tujuan : Menganilisis hubungan nyeri dan depresi pada lansia di Desa Barengkok dan Desa Puraseda, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tahun 2017 Metode : Penelitian ini menggunakan analisis lanjut dari data penelitian sebelumnya pada 80 lansia yang berusia ≥ 60 tahun di desa Barengkok dan desa Puraseda yang memenuhi kriteria inklusi dan eklusi. Short-Form Suvery 36/SF-36 digunakan untuk memeriksa rasa nyeri dan Geriatric Depression Scale/GDS untuk depresi. Hasil : 50 lansia (62,5%) mengalami nyeri intensitas ringan hingga sangat nyeri sekali, 42 lansia (52,5%) mengalami nyeri mengganggu pekerjaan, dan 75 lansia (93,8%) dengan depresi. Hasil analisis hubungan nyeri intensitas ringan hingga sangat nyeri sekali dan depresi didapatkan korelasi sangat lemah/tidak signifikan (r = 0,08) dan tidak bermakna (P = 0,48). Hasil hubungan nyeri mengganggu pekerjaan dan depresi didapatkan korelasi sangat lemah/tidak signifikan (r = 0,14) dan tidak bermakna (P = 0,22). Kesimpulan : Hubungan yang tidak signifikan ditunjukkan antara nyeri intensitas ringan higga sangat nyeri sekali dengan depresi pada lansia, demikian dengan hubungan nyeri mengganggu pekerjaan dan depresi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Noldy Pelenkahu, M.Pd, dan Pembimbing 2 : Drs. M. Arsyad Subu, SKp, MSN, PhD
Uncontrolled Keywords: Lansia, Nyeri, Depresi, SF-36, GDS
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 18 Oct 2019 08:34
Last Modified: 25 Nov 2021 09:22
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item