Hubungan Status Gizi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Posyandu Pembangun II RW 003 Kecamatan Makasar Jakarta Timur

Fikriyah, Wafa (2020) Hubungan Status Gizi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Posyandu Pembangun II RW 003 Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
Keperawatan-2020-Wafa Fikriyah-repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Status Gizi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang pada anak. Anak Usia Prasekolah merupakan fase terpenting dalam perkembangan anak karena merupakan periode keemasan (golden age) yang artinya pada usia tersebut aspek kognitif, fisik, motorik, dan psikososial seseorang akan berkembang secara pesat. Dampak dari anak yang mempunyai status gizi buruk dan kurang adalah anak dapat mengalami perkembangan motorik halus yang tidak sesuai dengan usianya sehingga menyebabkan anak lemah dan pasif. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif korelasi dengan metode Cross Sectional dan analisa data menggunakan metode Spearman Rank. Sampel pada penelitian ini sebanyak 56 anak di Posyandu Pembangun II RW 003 Kecamatan Makasar Jakarta Timur dan dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menunjukkan adanya hubungan status gizi terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah dengan nilai korelasi (r = 0,367) dengan nilai P-value sebesar 0,005 (P-value < 0,05). Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan status gizi serta asupan nutrisi yang baik sehingga perkembangan motorik halus pada anak dapat dicapai sesuai dengan usianya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing : Intan Parulian TR, S.Kp, MN; Ns.Yoanita Hijriyati, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Anak Prasekolah, Perkembangan Motorik Halus, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:47
Last Modified: 18 Sep 2020 08:47
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item