Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Gizi Makanan Terhadap Status Gizi Remaja di Lingkungan Kelas VII MTs. Al-Bashriyah Sukabumi Jawa Barat Tahun 2016

Dasilva, Siti Nurazizah Minarofah (2016) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Gizi Makanan Terhadap Status Gizi Remaja di Lingkungan Kelas VII MTs. Al-Bashriyah Sukabumi Jawa Barat Tahun 2016. Bachelor thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2016-SITI NURAZIZAH MINAROFA-repo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
Siti nur Azizah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan desain rancangan deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII MTs. Al-Bashriyah Sukabumi Jawa Barat tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil menggunakan teknik purpose sampling dengan jumlah 106 siswa. Data diperoleh melalui kuesioner, pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasil pengumpulan data diolah dengan menggunakan uji Statistik spearman rank dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa P-value 0,001. Hasil analisa Spearman’s rho menunjukan bahwa correlations menunjukkan 0,305 yang artinya terdapat korelasi antara variabel, akan tetapi dengan nilai korelasi lemah dengan nilai ukur 0,30-0,50. Sebagian besar responden mempunyai pengetahuan tentang gizi yang kurang (68,9%) dan status gizi yang tidak normal yaitu kurus (24,5%) dan gemuk sehat/ overweight (26,4%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan perlu adanya upaya dari sekolah untuk melakukan pemantauan kesehatan khususnya status gizi secara rutin pada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing 1: Ns.Siswani Marianna, S.Kep, MSi., dan Pembimbing 2: Lisnadiyanti, SKM,Mkep.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan gizi, Status gizi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:46
Last Modified: 18 Sep 2023 08:44
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item