Astuti, Retno Dwi (2020) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Penerapan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler Di Posyandu Matahari 3 Depok. Bachelor thesis, Universitas Binawan.
Text
KEPERAWATAN-2020-RETNO DWI ASTUTI-repo.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Toilet Training merupakan salah satu usaha untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar. Salah satu aspek perkembangan yang umum dalam periode pra sekolah adalah pengajaran ke toilet sehingga anak sudah mampu menahan kandung kemih. Pengetahuan yang dimiliki ibu pada dasarnya dapat berpengaruh pada cepat atau lambatnya ibu melakukan penerapan toilet training, dimana ibu yang memiliki pengetahuan yang baik tentang toilet training akan berdampak pada cepatnya ibu melatih toilet training secara dini pada anak usia toddler, hal ini berdampak positif bagi ibu maupun anak usia toddler yaitu anak dapat mandiri melalukan toilet training, pengetahuan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam menerapkan toilet training pada anak. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 42 ibu di Posyandu Matahari 3 Depok dan dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pengetahuan ibu tethadap perilaku ibu dalam menerapkan toilet training dengan nilai korelasi (r=0,378) dengan nilai P-value sebesar 0,014 (P-value < 0,05). Oleh karena itu, orang tua perlu meningkatkan pengetahuan tentang toilet training sehingga penerapan toilet training semakin baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ns. Puji Astuti W., S.Kep., MN dan Yuli Utami, SKp, MN. |
Uncontrolled Keywords: | Toilet Training, Pengetahuan, Penerapan Toilet Training |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 09:46 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 09:46 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/817 |
Actions (login required)
View Item |