Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Remaja Pertengahan Usia (15-18) Tahun Di RW 007 RT 06 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur

Melina, Dina (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Remaja Pertengahan Usia (15-18) Tahun Di RW 007 RT 06 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN - 2018 - DINA MELINA repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan kecerdasan emosional pada remaja. Kegagalan pola asuh orang tua sering kali menjadi faktor penyebab terjadinya gangguan pada perkembangan kecerdasan emosional anak. Ketetapan orang tua dalam menerapkan pola asuh memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kecerdasan emosional anak. Berbagai faktor berperan dalam perkembangan kecerdasan emosional salah satunya pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional remaja pertengahan usia (15-18) tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah 102 responden remaja di RW 007 RT 06 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil tertinggi pola asuh otoriter sebanyak 47,1 % dengan kecerdasan emosional yang tidak baik sebanyak 55,9%. Dan terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap tingkat kecerdasan emosional remaja pertengahan usia (15-18) tahun. Berdasarkan uji korelasi spearman rho dengan nilai korelasi sebesar 0,560 yang artinya kekuatan korelasi cukup, dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil penelitian ini disarankan kepada orang tua untuk menerapkan pola asuh demokratis yang menerapkan perlakuan kepada anak dalam rangka membentuk kepribadian anak dengan cara memprioritaskan kepentingan anak yang bersikap rasional dan pola asuh demokratis dapat mengembangkan kemampuan anak secara tepat untuk mendorong perkembangan kecerdasan emosional anak yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erika Lubis S.Kp., MN; Intan Parulian S.Kp., MN
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Kecerdasan Emosional, Remaja Pertengahan Usia (15-18) Tahun
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 20 May 2020 06:57
Last Modified: 20 May 2020 06:57
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item