Hubungan Tingkat Penggunaan Smartphone Dengan Dukungan Sosial Remaja Usia 12-15 Tahun Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2018

Nugroho, Agung (2018) Hubungan Tingkat Penggunaan Smartphone Dengan Dukungan Sosial Remaja Usia 12-15 Tahun Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Tahun 2018. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
Fisio-2018-AGUNG NUGROHO repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara kecanduan Smartphone dengan Dukungan Sosial pada remaja berusia 12-15 tahun di empat SMP di Kramat Jati, Jakarta Timur, 2018. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan bagian dari studi utama yang berjudul “Gambaran Penggunaan Media Elektronik Terhadap Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental, dan Akademik Sekolah pada Remaja Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Tahun 2018”. Menggunakan desain studi cross-sectional. Jumlah sampel penelitian ini adalah 315 sampel. Instrumen menggunakan kuesioner Skala Kepercayaan Kecanduan Smartphone (SAPS) dan pengukuran Dukungan Sosial. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kecanduan smartphone terbanyak adalah rendah dengan 254 sampel (80,6%) dan paling banyak dukungan sosial adalah keadaan normal dengan 75 sampel (23,8%). Korelasi menunjukkan r (0,041) dan secara statistik p> 938. Kesimpulan : Ada korelasi yang rendah dan secara statistik tidak signifikan antara kecanduan smartphone dan dukungan Sosial pada remaja usia 12-15 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing 1 : Siswo Puerwanto, M. Sc, MPH, Ph.D; Pembimbing 2 : Drs. Slamet Sumarno, SMPh, M. Fis
Uncontrolled Keywords: kecanduan smartphone, Dukungan Sosial, remaja
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 15 May 2020 09:42
Last Modified: 15 May 2020 09:42
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item