Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan, Asupan Cairan Dan Status Gizi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Ix Smp 246 Jakarta

Riskiyani, Sefti Dwi (2018) Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan, Asupan Cairan Dan Status Gizi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Ix Smp 246 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
FISIOTERAPI-2018-SEFTI DWI RISKIYANI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Septi Dwi RiskiYani.pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan sarapan pagi, asupan cairan, dan penentuan status gizi terhadap peningkatan konsentrasi siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX di SMP 246 Jakarta dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, antara lain formulir identitas siswa, formulir Food Frequency Questioner (FFQ) sarapan dan asupan cairan serta grid concentration test. Kebiasaan sarapan pagi siswa diperoleh dengan memberikan formulir Food Frequency Questioner (FFQ) untuk mengetahui kebiasaan sarapan, waktu sarapan, dan jumlah varian makanan. Status gizi siswa dihitung dari IMT/U berdasarkan data tinggi badan dan berat badan anak. Asupan cairan diperoleh dengan memberikan Food Frequency Questioner (FFQ) cairan. Adapun pada konsentrasi siswa dengan grid concentration test untuk mengukur konsentrasi siswa dengan mengurutkan angka dalam waktu 1 menit. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara kebiasaan sarapan (frekuensi sarapan, waktu sarapan, dan jumlah varian makanan) dan asupan cairan terhadap konsentrasi siswa. Namun, pada status gizi diperoleh hasil adanya hubungan antara status gizi dengan konsentrasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Adhila Fayasari
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Sarapan, Asupan Cairan, Status Gizi, Konsentrasi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 28 Apr 2020 12:36
Last Modified: 08 Sep 2023 08:04
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item