Riskiyani, Sefti Dwi (2018) Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan, Asupan Cairan Dan Status Gizi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Ix Smp 246 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Binawan.
Text
FISIOTERAPI-2018-SEFTI DWI RISKIYANI repo.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Septi Dwi RiskiYani.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan sarapan pagi, asupan cairan, dan penentuan status gizi terhadap peningkatan konsentrasi siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX di SMP 246 Jakarta dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, antara lain formulir identitas siswa, formulir Food Frequency Questioner (FFQ) sarapan dan asupan cairan serta grid concentration test. Kebiasaan sarapan pagi siswa diperoleh dengan memberikan formulir Food Frequency Questioner (FFQ) untuk mengetahui kebiasaan sarapan, waktu sarapan, dan jumlah varian makanan. Status gizi siswa dihitung dari IMT/U berdasarkan data tinggi badan dan berat badan anak. Asupan cairan diperoleh dengan memberikan Food Frequency Questioner (FFQ) cairan. Adapun pada konsentrasi siswa dengan grid concentration test untuk mengukur konsentrasi siswa dengan mengurutkan angka dalam waktu 1 menit. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara kebiasaan sarapan (frekuensi sarapan, waktu sarapan, dan jumlah varian makanan) dan asupan cairan terhadap konsentrasi siswa. Namun, pada status gizi diperoleh hasil adanya hubungan antara status gizi dengan konsentrasi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Adhila Fayasari |
Uncontrolled Keywords: | Kebiasaan Sarapan, Asupan Cairan, Status Gizi, Konsentrasi |
Subjects: | R Medicine > RC Internal medicine |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 12:36 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 08:04 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/502 |
Actions (login required)
View Item |