Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecendrungan Tumbuh Kembang Sosial Anak Pada Usia 3-6 Tahun Di Wilayah Rw 01 Kelurahan Tebet Barat

Fitriana, Lucki (2018) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecendrungan Tumbuh Kembang Sosial Anak Pada Usia 3-6 Tahun Di Wilayah Rw 01 Kelurahan Tebet Barat. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN-2018-LUCKI FITRIANI repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh adalah suatu tindakan, perbuatan, dan interaksi orang tua untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik dan benar. Tiap tahap tumbuh kembang anak tak luput dari pola asuh yang telah ditanamkan orangtua dalam kehidupan sehari-hari. Dalam tiap tahapan usia manusia, pasti memiliki ciri khas dalam tumbuh kembang, baik kognitif, fisik, emosional, bahasa, dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua terhadap kecendrungan tumbuh kembang sosial anak pada usia 3-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan metode Spearman Rank. Penelitian ini dilakukan dengan responden berjumlah 84 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap kecendrungan tumbuh kembang sosial anak pada usia 3-6 tahun di wilayah rw 01 kelurahan tebet barat dengan nilai korelasi sedang (r= 0,450) dengan nilai P-value sebesar 0,000 (p<0,05). Saran untuk orangtua anak usia 3-6 tahun untuk memberikan pengasuhan yang benar dan tepat dalam merawat anak, serta mengetahui dan peduli terhadap tumbuh kembang sosial anak pada usia 3-6 tahun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Lisnadiyanti SKM., M.Kep dan Ns. Yoanita Hijriyati., S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: pola asuh, tumbuh kembang sosial, prasekolah
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 23 Apr 2020 09:58
Last Modified: 23 Apr 2020 09:58
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item