Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 4-5 SD di SDN SUKAMAJU 5 DEPOK

Ningrum, Adhe Puspita (2018) Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Kelas 4-5 SD di SDN SUKAMAJU 5 DEPOK. Bachelor thesis, Universitas Binawan.

[img] Text
KEPERAWATAN - ADHE PUSPITA NINGSRUM - 2018 repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja terjadi berulang-ulang untuk menyerang seorang target atau korban yang lemah, mudah dihina dan tidak bisa membela diri sendiri (Sejiwa, 2008). Bullying termasuk tindakan yang disengaja oleh pelaku pada korbannya, yang dimaksudkan untuk menggangu seorang yang lebih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran teman sebaya dengan perilaku bullying pada anak usia sekolah kelas 4-5 SD di SDN Sukamaju 5 Depok. Desain penelitian bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah anak usia sekolah kelas 4-5 SD yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner mengenai peran teman sebaya dengan perilaku bullying. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan uji Korelasi Spearman Rho. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa terdapat peran teman sebaya kategori mendukung terjadinya bullying dengan hasil yag didapatkan 64,7% dan didapatkan hasil bullying ringan berjumlah 52.9%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa adanya hubungan antara peran teman sebaya dan perilaku bullying pada anak usia sekolah kelas 4-5 SD dengan nilai signifikan atau p-value adalah 0,000 dimana ( p <0,005) dan nilai coefficient correlation berjumlah 0,558. Dari hasil penelitian disarankan kepada orangtua diharapkan ikut mengawasi dan memberi nasehat pada anak untuk memanggil nama temannya dengan baik, bagi kepala sekolah dan para guru diharapkan untuk memberi penjelasan kepada para siswa bahwa memanggil teman harus dengan panggilan yang baik dan mengarahkan para siswa untuk saling mengingatkan temannya agar tidak saling mengejek, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data awal dan referensi bagi penelitian selanjutnya terkait perilaku bullying dengan peran teman sebaya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: peran teman sebaya, perilaku bullying
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 15 Apr 2020 07:38
Last Modified: 15 Apr 2020 07:38
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item