HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BINAWAN

Ihza Wulandari, Latiffa (2022) HUBUNGAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BINAWAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2022-Latiffa Ihza Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan kebijakan dalam pembelajaran menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan secara tidak langsung dengan menggunakan media daring untuk mendukung proses belajar mengajar. Metode pembelajaran melalui daring ini dilaksanakan dan dilakukan dengan berbagai macam penugasan yang sering dan dilakukan secara bersamaan sehingga menimbulkan stres pada mahasiswa. Stres akademik merupakan reaksi yang terjadi ketika mahasiswa memiliki banyak tuntutan dan tugas untuk diselesaikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dengan tingkat stres pada mahasiswa di Universitas Binawan. Metode penelitian menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional, data di analisa dengan menggunakan Uji Chi Square. Sampel penelitian sebanyak 328 mahasiswa/i di Universitas Binawan yang memenuhi kriteris inklusi dengan menggunakan Simple Random Sampling. Hasil penelitian didapatkan: pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di kategori kurang baik (13,4%), baik (75,9%), dan sangat baik (10,7%), tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa berada pada tingkat stress rendah (29,3%), sedang (42,4%), dan tinggi (28,4%), dengan nilai p-value 0,01 (p<0,05). Kesimpulan terdapat hubungan antara pembelajaran daring selama pandemi covid-19 dengan tingkat stres pada mahasiswa di Universitas Binawan. Saran diharapkan adanya peningkatan sistem pembelajaran daring di Universitas Binawan dan bagi mahasiswa memiliki koping yang adaptif dalam menghadapi stressor selama mengikuti pembelajaran daring di Universitas Binawan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Covid-19; Mahasiswa; Pembelajaran daring; Stres
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:27
Last Modified: 20 Jan 2023 03:27
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2735

Actions (login required)

View Item View Item