HUBUNGAN PEMBELAJARAN METODE DARING PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA DI SD NEGERI BAHAGIA 04 BEKASI

Dwi Amellyana, Delvia (2021) HUBUNGAN PEMBELAJARAN METODE DARING PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DENGAN TINGKAT STRESS ORANG TUA DI SD NEGERI BAHAGIA 04 BEKASI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2021-DELVIA DWI AMELLYANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

Pembelajaran daring membuat orang tua bahkan anak-anak tidak mempersiapkan diri dengan baik akibatnya muncul masalah-masalah seperti pembagian waktu antara pekerjaan dan pengawasan anak saat pembelajaran berlangsung hal tersebut dapat memicu stres pada orang tua. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran metode daring pada anak usia 6-7 tahun dengan tingkat stress orang tua di SD Negeri Bahagia 04 Bekasi. Metode penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan secara cross sectional. Penelitian dilakukan pada 60 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 75,0% memiliki proses pembelajaran menggunakan metode daring yang baik, sedangkan pada tingkat stress orang tua yang baik sebanyak 45,0%. Berdasarkan uji statistik Chi-Square terdapat hubungan antara pembelajaran metode daring pada anak usia 6-7 tahun dengan tingkat stress orang tua di SD Negeri Bahagia 04 Bekasi dengan nilai p- value 0,015 (p < 0,05). Saran bagi para orangtua yang memiliki anak SD diharapkan mampu berperan aktif dan terbuka melaporkan kepada guru mengenai informasi perkembangan anak selama dirumah serta selalu memberikan edukasi kepada anak tentang masa darurat virus covid-19 yang mewajibkan untuk melakukan pembelajaran dirumah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembelajaran Metode Daring, Tingkat Stress Orang Tua
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:24
Last Modified: 12 Jan 2023 04:24
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item