PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU KONSUMSI SAYUR BUAH SETELAH PEMBERIAN EDUKASI GIZI DENGAN METODE VIDEO ANIMASI DAN LEAFLET PADA ANAK SD DI WILAYAH CIBINONG BOGOR

Salekah, Fajar (2021) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU KONSUMSI SAYUR BUAH SETELAH PEMBERIAN EDUKASI GIZI DENGAN METODE VIDEO ANIMASI DAN LEAFLET PADA ANAK SD DI WILAYAH CIBINONG BOGOR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
SKRIPSI FAJAR SALEKAH_041711014_FIX - Fajar Salekah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya pengetahuan dapat mempengaruhi perilaku konsumsi sayur dan buah pada anak. Salah satu peningkatan pengetahuan dan perilaku konsumsi sayur dan buah adalah dengan pemberian edukasi, dalam melakukan edukasi peneliti menggunakan media video animasi dan leaflet. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan pengetahuan dan perilaku konsumsi sayur buah dengan metode video animasi dan leaflet pada anak SD di wilayah Cibinong. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian controlled group pre-post design. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberi intervensi berupa edukasi gizi dengan metode video animasi (p = 0,000, Δ = 29) dan leaflet (p = 0,034, Δ = 9). Terdapat perbedaan nyata perilaku konsumsi sayur dan buah sebelum dan sesudah intervensi edukasi gizi menggunakan video animasi (p = 0,000, Δ = 27) dan leaflet (p = 0,037, Δ = 5). Berdasarkan hasil data tersebut disimpulkan bahwa video animasi lebih efektif dengan nilai signifikansi yang lebih baik untuk belajar mengajar dibandingkan dengan leaflet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Leaflet, Pengetahuan, Perilaku Konsumsi Sayur Buah, Video Animasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 12 Jan 2023 04:10
Last Modified: 12 Jan 2023 04:10
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item