HUBUNGAN PEMBERIAN METODE REWARD AND PUNISHMENT OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I-VI DI SD NEGERI MULYAHARJA 01 BOGOR TAHUN 2021

Maeda, Siti (2021) HUBUNGAN PEMBERIAN METODE REWARD AND PUNISHMENT OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS I-VI DI SD NEGERI MULYAHARJA 01 BOGOR TAHUN 2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2021-Siti Maeda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 di tahun 2021 menghambat proses pembelajaran, proses pembelajaran dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh atau online. Reward and Punishment adalah salah satu penyebab yang bisa menumbuhkan motivasi belajar. Dalam kegiatan belajar, penyebab yang timbul yaitu siswa kurang bersemangat saat proses pembelajaran berlangsung. Sehubungan dengan itu, fenomena yang sering terjadi yaitu siswa kurang aktif, mengantuk, dan kurang berkonsentrasi, sehingga sangat diperlukan pemberian reward and punishment dalam kegiatan belajar. Adapun inti dari permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah memperoleh korelasi yang baik dan signifikan antara pemberian metode reward and punishment dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Mulyaharja 01 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian metode reward and punishment oleh guru dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Mulyaharja 01 Bogor. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan metode survei cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 67 responden. Uji statistik menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan pemberian metode reward and punishment oleh guru dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Mulyaharja 01 Bogor dengan nilai signifikansi 2 tailed sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 dan hasil nilai r sebesar 0,631 yang berarti memiliki hubungan yang kuat dan arah hubungan positif, berarti semakin sering guru memberikan reward and punishment semakin tinggi motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan data bagi para perawat dalam melakukan sosialisasi atau pendidikan terkait dengan proses pembelajaran. Kepada siswa, hendaknya memiliki kemauan untuk belajar memahami karakter diri sendiri serta mengelolanya dengan baik dan belajar untuk memahami karakter guru khususnya di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment, Motivasi Belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:28
Last Modified: 10 Jan 2023 08:28
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item