HUBUNGAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI TKIT CHIARADEPOK TAHUN 2021

Suci Damayanti, Faizah (2021) HUBUNGAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PRASEKOLAH DI TKIT CHIARADEPOK TAHUN 2021. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.

[img] Text
KEPERAWATAN-2021- Suci Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan perpaduan antara interaksi sosial, perkembangan emosi, kemampuan intelektual, dan perkembangan fisik maupun motoriknya. Namun pada perkembangan bahasa pada setiap individu anak berbeda bergantung pada kemampuan neurologik dan perkembangan bahasa yang dapat mempengaruhi tahapan perkembangan bahasa. Dengan demikian, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksaan pembelajaran daring masa Covid-19 studi kasus di TKIT Chiara Depok terhadap perkembangan bahasa prasekolah dan mengetahui faktor penghambat pembelajaran masa Covid-19 di TKIT Chiara Depok. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua yang memiliki anak prasekolah di TKIT Chiara Depok, dengan jumlah 56 responden, dengan dengan pengambilan sampel total sampling, pengumpulan data untuk proses pembelajaran secara daring dan perkembangan bahasa anak prasekolah menggunakan kuesioner dan pengolaan data dengan coding dan analisa data menggunakan uji statistik korelasi Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 78,6% memiliki proses pembelajaran menggunakan metode daring yang baik, sedangkan pada perkembangan bahasa anak prasekolah yang baik sebanyak 80,4%. Terdapat hubungan positif sedang dengan nilai p-value = 0,000 (p < 0,05) sehingga terhadap hubungan antara proses pembelajaran dalam metode daring dengan perkembangan Bahasa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara proses pembelajaran secara daring dengan perkembangan bahasa prasekolah. Dengan penelitian ini sehingga proses pembelajaran dalam metode daring yang baik dalam pelaksanaan dan persiapannya akan meningkatkan perkembangan bahasa yang baik pada anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, anak usia dini, perkembangan bahasa.
Depositing User: Cambari
Date Deposited: 09 Jan 2023 09:06
Last Modified: 09 Jan 2023 09:06
URI: http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item