Rachmawati, Hikmah (2021) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR REMAJA DENGAN PRESTASI BELAJAR DI SMP TULUS BHAKTI KOTA BEKASI TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS BINAWAN.
Text
KEPERAWATAN-2021-HIKMAH RACHMAWATI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ualitas tidur adalah model bentuk atau corak tidur yang menetap dalam jangka waktu yang relatif panjang meliputi jadwal mulai tidur dan bangun, irama tidur, frekuensi dalam sehari mempertahankan kondisi tidur dan kepuasan tidur. Kualitas tidur remaja memiliki ciri khas yang unik karena remaja mengalami perubahan hormonal dan pergeseran irama sirkadian. Remaja mulai merasa mengantuk pada tengah malam, sedangkan mereka harus bangun pagi hari untuk berangkat ke sekolah sehingga setiap hari mereka mengalami kekurangan waktu tidur. Kondisi kurang tidur banyak ditemui dikalangan remaja terutama anak sekolah yang nantinya bisa menimbulkan efek, seperti berkurangnya konsentrasi belajar, gangguan kesehatan dan prestasi belajar yang menurun. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif deskriptif korelasi dengan metode cross sectional dan analisa data menggunakan metode chi square. Sampel pada penelitian ini sebanyak 97 orang di SMP Tulus Bhakti Kota Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020 dan dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian menunjukan tidak adanya hubungan kualitas tidur remaja dengan prestasi belajar, dengan nilai P-value sebesar 0,543. Diharapkan remaja dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik, sangat penting bagi remaja untuk mengetahui dampak dari kualitas tidur yang buruk. Membagi waktu mereka dengan efisien serta memperhatikan waktu dan kualitas tidur mereka agar dapat berkonsentrasi dengan baik dalam beraktivitas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Tidur, Prestasi Belajar |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Cambari |
Date Deposited: | 09 Jan 2023 08:16 |
Last Modified: | 09 Jan 2023 08:16 |
URI: | http://repository.binawan.ac.id/id/eprint/2347 |
Actions (login required)
View Item |